NHW 5 Learning How to Learn

_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH #2_

 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR* (Learning  How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan “proses” anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Jujur, ini adalah homework yang butuh pemikiran lebih. Walaupun udah sering belajar, tapi ketika diminta bikin desain pembelajaran langsung toeing apakah ini?

Hampir setiap pembelajaran di sekolah dan universitas membuat bentuk yang umum. Tentunya ada SAP (Satuan Ajar Perkuliahan/Pendidikan). Tapi, apakah itu yang dimaksud? Apakah itu cocok untuk anak? Apakah itu cocok untuk saya? Apakah itu cukup fun?

Dengan memanfaatkan internet, saya pun googling terkait dengan desain pelajaran. Ternyata banyak jenisnya. Yang menurut saya cukup menggambarkan, saya dapat di link ini:

http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

http://mastugino.blogspot.co.id/2013/06/model-model-desain-pembelajaran.html?m=1

Dari kedua link tersebut, adapun model-model desain rencana pembelajaran adalah model PPSI, model Banathy, model Kemp, model Gerlach & Elly, model Dick & Carrey, model ASSURE, dan model ADDIE. Sedangkan, secara umum, komponen utama dari desain pembelajaran adalah:

  1. Pembelajar (pihak yang menjadi fokus) yang perlu diketahui meliputi, karakteristik  mereka, kemampuan awal dan pra syarat.
  2. Tujuan Pembelajaran (umum dan khusus) Adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh pembelajar.
  3. Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari
  4. Strategi Pembelajaran, dapat dilakukan secara makro dalam kurun satu tahun atau mikro dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar.
  5. Bahan Ajar, adalah format materi yang akan diberikan kepada pembelajar
  6. Penilaian Belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi ang sudah dikuasai atau belum.

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

Dari berbagai metode yang ada, saya tertarik dengan model Gerlach and Elly karena sifatnya yang sistematis.

gerlach-ely-design-model

Sumber gambar: http://edutechwiki.unige.ch/en/File:Gerlach-ely-design-model.gif

Dengan modifikasi, berikut form gambaran yang saya buat terkait desain pembelajaran yang menurut saya bisa saya jalani dan cocok untuk anak (dan masih bisa dimodifikasi lagi tentunya):

  1. Mendeskripsikan Pembelajar

    1. Siapa
    2. Usia
    3. Karakteristik (bisa dilihat dari apakah dia melankolis, sanguinis, koleris, atau plegmatis)
    4. Cara belajar paling dominan (kinestetik, visual, atau auditori)
    5. Kemampuan awal yang sudah dimiliki. Bisa dilakukan dengan “Penilaian kemampuan awal siswa (Assesment of Entering Bahaviors)”. Bisa pretest ataupun cukup pengumpulan data prbadi.
    6. Minat
  2. Merumuskan tujuan pembelajaran (Specification of Object)

Tujuan pembelajaran: target yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan harus bersifat jelas (tidak abstrak dan tidak terlalu luas) dan operasional agar mudah diukur dan dinilai.

Berikut petunjuk praktis merumuskan tujuan pembelajaran:

1)      Siapa Audience

2)      Bagaimana Behavior

3)      Bagaimana Condition

4)      Untuk Degree yang mana?

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Menentukan isi materi (Specification of Content)

“Isi” dari kurikulum yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi topik/sub topik dan rinciannya. Isi materi berbeda-beda disesuaikan menurut bidang studi, tingkatan dan kelasnya. Isi materi harus sesuai dengan tujuan. Pemilihan materi harus spesifik agar lebih mudah membatasi ruang lingkupnya dan lebih jelas serta mudah dibandingkan dan dipisahkan dengan pokok bahasan lainnya.

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Menentukan strategi (Determination of Strategy)

Bagaimana cara memanipulasi informasi, memilih sumber-sumber dan menentukan tugas/evaluasi dalam kegiatan balajar mengajar. Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Pembagian waktu (Allocation of Time)

Ini akan sangat penting bila sudah punya anak lebih dari 1. Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Menentukan tempat (Allocation of Space).

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Memilih media (Allocation of Resources)

Gerlach & Elly membagi media sebagai sumber belajar kedalam 5 kategori;

1)      Manusia dan benda nyata

2)      Media visual proyeksi

3)      Media audio

4)      Media cetak

5)      Media display

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Evaluasi hasil belajar (Evaluation of Performance)

yang dilihat bukan hanya hasil belajar siswa, melainkan juga keseluruhan sistem pembelajaran.

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

  1. Menganalisi umpan balik (Analysis of Feed Back)

Data dari analisis umpan balik yang diperoleh dari evaluasi, tes maupun tanggapan-tanggapan tentang kegiatan pembelajaran ini menentukan apakah sistem, metode maupun media yang dipakai dalam pembelajaran tersebut sudah sesuai untuk tujuan yang dicapai atau masih perlu untuk disempurnakan.

Sumber: http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1

Tabel Desain Pengajaran yang saya buat bisa dilihat pada file excel dan gambar di bawah berikut ini:

desain-pembelajaran-aisyah

Desain Pembelajaran (Untuk Anak)

Saya pun berkreasi dengan pedoman buku rumah main anak, untuk membuat agenda bulanan materi ajar/ilmu pengetahuan baru yang akan saya atau anak belajar.

Untuk anak:

Agenda Bulanan Anak.JPG

Agenda Bulanan Anak

Untuk Ibu:

Agenda Bulanan Ibu.JPG

Agenda Bulanan Ibu

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s