Aku Harus Berubah (Ust. Syafiq Reza Basalamah)

Bismillahirrahmanirrahim..
Hari ini mendengar tentang kajian “Aku Harus Berubah” yang disampaikan oleh Ust. Syafiq Reza Basalamah melalui youtube. Ilmu yang sangat esensial bagi siapapun, karena tentunya setiap orang ingin sekali berubah, baik dari sisi dunia atau pun akhirat. Mana ada orang yang dia terus-terusan semumur hidupnya menjadi tukang bakso hanya dengan satu gerobak. Dia pastinya akan berusaha berubah untuk mengembangkan usaha bisnisnya. Begitu pula dengan sisi akhirat. Seseorang yang telah melaksanakan shalat wajib setiap hari, apakah dia akan berhenti sampai titik tersebut? pasti ada perubahan, tambahan amalan, yang ingin dia lakukan dengan melaksanakan ibadah sunah.
Di awal kajian, langsung kepada 6 poin penting yang diperlukan oleh seseorang untuk berubah.Jika orang ingin berubah, yang perlu dimiliki dan dipersiapkan adalah :

  1. Ilmu, orang yang mau berubah harus memiliki ilmu.
    Orang bisa berubah karena semakin berilmu dan memiliki ilmu. Dulu ia tidak tahu setelah tahu maka ia bisa berubah. Dulu bodoh setelah pintar dan berilmu akan berubah lebih baik. Walaupun ada juga yang sudah memiliki ilmu, namun tidak melakukan perubahan. Bagaimana cara mendapatkan ilmu? salah satunya dengan cara menghadiri majelis ilmu.
  2. Niat dan Tekad (Azima).
    Ketika kita ingin berubah maka butuh niat, tekad, serta butuh keinginan kuat untuk berubah, bukan sekadar angan-angan kosong yang tidak diperjuangkan. Bahkan tekad ini kadang harus diucapkan kepada orang lain agar adanya saling mengingatkan satu sama lain.
  3. Berteman dengan orang-orang yang shalih.
    Teman memiliki sifat menarik (membuat kita mengikuti apa yang dia lakukan). Orang yang ingin berhenti mabuk tapi masih berteman terus dengan pemabuk, tentu dia akan susah berubah dari pemabuk menjadi orang yang tidak suka mabuk. Karena itu tinggalkan teman-teman burukmu dan carilah teman-teman yang shalih dan shalihah maka kita akan bisa berubah.
  4. Belajar dari pengalaman orang-orang yang telah berubah ke arah yang lebih baik.
    Perubahan bisa dilakukan dengan bertanya pengalaman terhadap orang yang telah berhasil merubah dirinya ke arah yang lebih baik. Bagaimana caranya? bisa dengan membaca biografinya, melakukan diskusi dan pertanyaan bagaimana perjalanan hidupnya, bagaimana dia bisa berubah, bagaimana akhir kehidupannya dan dampaknya setelah melakukan perubahan.
  5. Berdoa.
    Salah satu poin terpenting yang dibutuhkan. Orang kalau ingin berubah harus berani berdoa untuk berubah. Contohnya saja para perokok. Terkadang mereka hanya berbicara kalau ingin berubah agar tidak menjadi perokok lagi, tapi mereka tidak pernah berdoa kepada Allah agar tidak merokok lagi, mungkin karena takut dengan hasil perubahan. Begitu juga seorang yang memiliki keinginan untuk berubah harus berani berdoa untuk bisa berubah. Doa merupakan senjata terkuat seorang Muslim, jangan pernah menyepelekan doa ataupun merasa malu dengan apa yang diminta, karena sesungguhnya Allah Maha Kuasa.
  6. Harus sering-sering mengisi iman (lakukan charging)
    Setiap orang, siapapun, bahkan termasuk ustadz sekalipun, pasti pernah mengalami masa-masa turun, lesu, atau bisa dibilang ketika iman sedang lemah. Ketika iman sudah mulai lemah/sudah malas beribadah, malas untuk menjalankan ketaatan, maka sering-seringlah hadir di majlis ilmu. Sungguh, setiap hadir ke kajian akan membuat kita bersemangat kembali dan berapi-api. Semoga kita dimudahkan untuk melangkahkan kaki dan pendengaran telinga kita menuju kajian ilmu yang bermanfaat.
Disarikan dari kajian Ustadz DR. Syafiq Reza Basalamah, MA حفظه الله تعالى
*dan intisari yang ditulis Achmad Bachtiar di comment youtube
Simak kajian selengkapnya : http://youtu.be/1eufwP03Stk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s