2 Hal Penting Persiapan Teknis

Berawal dari pengalman pernikahan kaka, butuh banyak persiapan teknis untuk menyelenggarakan pernikahan🙂. Berikut hal-hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan sejak awal:

1. Tanggal dan Hari Pernikahan

Tanggal dan hari merupakan bagian paling penting untuk dipersiapkan. Dan dilakukan pertama kali tentunya. Karena bila tidak, untuk memulai langkah berikutnya akan sulit. Seperti penentuan lokasi, misal di gedung, booking tempat pun tidak jelas. Selain lokasi, vendor yang lain yang mau dibooking pun tidak dapat dilakukan. Penentuan tanggal ini harus disepakati oleh kedua pihak keluarga, bukan hanya si calon pengantin,🙂. Tentunya tanggal yang baik menurut keduanya. Penentuan tanggal secara langsung menentukan harinya. Biasanya bila di Indonesia, tanggal akad dan resepsi ada yang digabung ada yang dipisah, dan jatuh di hari sabtu dan minggu. Dari kedua hari ini ada plus dan minusnya masing-masing. Bisa dipertimbangkan.

2. Lokasi

Penentuan lokasi merupakan hal penting selajutnya. Antara di rumah atau gedung akan mempengaruhi harga lainnya. Saya beri gambaran sedikit mengenai hasil informasi yang saya dapat terkait penentuan lokasi ini. Bila di rumah, harganya lebih murah karena tidak perlu menyewa gedung. Selain itu, patokan harga dari catering dan lainnya juga menjadi patokan harga rumah. Acara yang diberlangsungkan biasanya lebih lama dibanding di gedung. Biasanya ada yang dari pagi hinga sore. Di rumah merupakan pilihan terbaik bila sumber daya yang dibutuhkan aik sebelum resepsi hingga selesai resepsi memadai. Maksudnya di sini, dalam hal beres-beres dan kebersihan. Rumah menjadi pilihan ok, karena terasa lebih kekeluargaannya.

Di gedung merupakan pilihan terbaik bagi yang tidak ingin terlalu repot setelah acara resepsi (misal bersih-bersih). Biayanya bisa lebih mahal ataupun murah tergantung dengan paket pernikahan yang diambil. Bahkan ada yang bisa sama dengan biaya pernikahan di rumah. Keuntungannya tidak perlu membersihkan setelah selesai acara, bisa memilih lokasi yang strategis untuk tamu undangan. Namun, tentu ada keterbatasan juga yaitu waktu yang terbatas dan vendor yang dipilih biasanya harus rekanan gedung.

O iya, mengenai lokasi, sebenarnya tidak harus terlalu strategis, karena biasanya yang strtaegis itu lebih mahal. Yang penting lokasi yang dipilih, diarahkan dengan baik di peta undangan agar tamu tak tersesat😀

3. Berikut List Wedding Vendor yang lainnya.. dalam bentuk pdf ya..

Di list ini ada berbagai hal detail yang biasanya menjadi pemikiran utama dari calon pengantin. Antara lain: wedding organizer, mc, hiburan, dekorasi, upacara adat, make-up, catering, undangan, sovenir, cincin nikah, mahar, fotografi, seserahan, wedding car, dan wedding cake. List-list ini nanti bakal dibahas sendiri di tulisan masing-masing. Biar lebih detail.. hehe.

*) File pdf ini berfungsi untuk melist budget yang dilakukan.. semoga bermanfaat

One thought on “2 Hal Penting Persiapan Teknis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s