Menjadi Ibu Sehat, Mempersiapkan Pernikahan, oleh Asma Nadia

Salah satu seminar pra nikah yang dikhususkan bagi para wanita. Pengisi seminarnya seorang penulis yang terkenal dalam dunia buku islami, Mba Asma Nadia. Seminar ini diadakan oleh FEUI di Masjid Universitas Indonesia. Selain materi yang diberikan juga terdapat buku-buku yang ditulis oleh mba asma yang bisa mengisi pengetahuan terkait dengan dunia pernikahan (dan sering banget dibuat menangis, hiks..). Contoh-contoh judul bukunya yaitu catatan hati yang cemburu, new catatan hati seorang istri, muhasabah cinta seoarng istri, sakinah bersamamu, dan lainnya.

Intinya, dalam mempersiapkan sebuah pernikahan itu merupakan kebutuhan, pemahaman semakin diperdalam, menyiapkan fisik, dan juga mental. Cara-caranya bisa macam-macam, seperti membaca buku, diskusi dengan teman yang sudah menikah, diskusi dengan orang tua, mengikuti kajian seminar, dan lainnya. Yup, setiap orang diwajibkan untuk menikah ketika dia telah mampu, so bisa dipersiapkan sejak dini^^. Dan siap itu disebut dengan ‘siap’ setelah ia dalam proses persiapan yaa, bukan hasil akhir.. karena hasil akhir berarti harus bisa divalidasi dulu dengan menikah hehe

Aisyah Iadha's Life

Menjadi seorang istri dan ibu merupakan dambaan setiap kaum hawa. Untuk menjadi istri dan ibu yang baik dibutuhkan sebuah proses perubahan pada diri masing-masing. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah usaha, antara lain:

  • Membangun kesiapan fisik dan Membangun hidup yang sehat

Fisik yang kuat dan sehat merupakan hal yang penting dimiliki oleh seorang ibu. Contohnya yaitu dengan mengatur pola makan. Bila diri sendiri saja belum bisa diatur, bagaimana dapat mengatur makan anaknya. Memilih makanan juga merupakan hal yang penting, tidak bisa asal mengambil makanan yang disukai tanpa memikirkan kandungan yang dimilikinya. Minuman juga bukan hal yang bisa dilupakan, tapi harus dilaksanakan, terutama meminum air putih yang cukup.

Pola hidup bersih juga hal yang penting. Sebagai seorang wanita harus bisa menjadi sosok yang lebih sensitive terhadap kebersihan. Contoh sensitive terhadap bau kondisi badan, kebersihan kaus kaki, bau mulut (terutama ketika puasa)

View original post 286 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s