Hunting Souvenir di Pasar Jatinegara

Yup.. Kamis 24 januari kemarin, mulai mencoba menjajaki pasar jatinegara yang terkenal dengan pusat grosir souvenir murah. Sebenarnya di dalam pasarnya sendiri ga hanya souvenir aja isinya, tapi banyak produk lainnya seperti sepatu, baju, aksesoris, dan lain-lainnya.. Tentunya dalam bentuk lusinan atau kodian.

Kalau dari arah bogor, sebenarnya mudah, hanya tinggal naik kereta menuju jatinegara, namun karena di stasiun kp. Bandan masih banjir, kereta hanya sampai angke. Jadi alternatif jalan lain menuju pasar jatinegara yaitu turun manggarai, naik busway, transit di matraman, dan langsung ke halte jatinegara. Letaknya halte jatinegara persis depannya pasar.. Jadi ngga jalan jauh dari halte :)Sebenarnya banyak alternatif untuk memesan souvenir. Bisa yang dekat dengan rumah, ataupun mungkin berminat untuk online. Bila ingin memesan online, banyak yang bagus dan terpercaya, contoh dari vendor yang direkomendasikan weddingku.com seperti finesouvenir atau bisa juga yang mencari di google (cuman harus hati-hati, lihat review yang memesan). Salah satu contoh yang bisa dipercaya juga yaitu lakeisha souvenir, harganya murah per souvenir, ada yang 1000-7000 rupiah. Kualitasnya juga bagus. Lokasinya di jawa tengah, jadi nambah ongkos kirim.

Finesouvenir yang disebutkan di atas juga sangat memuaskan ketika tanya-tanya. Cs nya baik banget, namanya mba fitri, very helpful. Lokasinya di jakarta. Untuk daerah jabodetabek biasanya ambil sendiri ke lokasi. Souvenirnya lucu, imut, manis, bagus, elegan.. Semuanya ada.. Dari webnya juga udah manis, cewe-cewe yang liat pasti senang. Harganya sebenarnya menengah, tergantung mau souvenir yang mana. Tapi dibanding dengan level yang lain harganya termasuk murah. Kualitas juga bagus. Kisaran harganya 4000-15000. Biasanya yang 15000 gelas mug yang besar. Fruit notesnya 7500, pembatas buku (berbagai macam bentuk) harganya 5000. Yang paling menarik dari finesouvenir selain dari souvenirnya itu sendiri, packagingnya yang menarik dan sangat bagus. Nilai 9 untuk packagingnya. Namun sayangnya, setelah diskusi dengan calon, lebih baik mencoba ke pasar jatinegara dulu, yang terkenal dengan souvenirnya :). Yups.. Hunting pun dimulai..

Turun dari halte langsung menuju pasar. Alhamdulillah, waktu itu cuaca cerah.. Jadi bisa lebih lama untuk melihat souvenir-souvenir yang di luar gedung. Pertama kali melangkah di pasar, langsung bertemu dengan kios souvenir. Langsung deh, nanya-nanya setiap bentuk souvenir, harganya, dan ada diskon ngga kalau mesan banyak, berapa lama jadinya, dll. Setelah puas bertanya, tentu pas di akhir minta kontaknya, dengan meminta kartu nama, hehe :D kios pertama ini memberikan penawaran yang murah. Dia bahkan menjamin kalau yang paling murah dibanding yang lain, karena dia menjahit atau membuatnya produksi sendiri. Namun, karena belum puas (baru kios dia doang yang dikunjungin) memutuskan untuk muter-muter dulu di dalam. Sebelum masuk ke dalam gedung, banyak kios lainnya di luar gedung. Tw-tw pun berlanjut, dan memang sih.. Harganya lebih mahal 1000 dibanding kios yang pertama dikunjungin.

Masuklah ke dalam gedung. Tempat khusus souvenir terletak di lantai dasar. ada lift yang menuju lantai dasar. Banyak kios souvenir yang bertebaran. Sampai bingung milih yang mana. Hampir sejenis, mirip-mirip. Jualannya tempat tissue, bros, tas, gantungan anduk, bulpen, tempat merica, tempat perhiasan, sabun atau lilin, dll. Tinggal milih mana yang pas untuk tema, budget, dan kebermanfaatan souvenir. Yang jelas di sini harus pintar nawar. Dan kalau langsung deal hari itu, harus siap bawa uang cash! (Pengalaman kemarin yang lupa ngambil dari atm.. Hehe). Sebenarnya bisa juga ngga langsung deal di hari pertama. Muter-muter dulu, tanyain setiap kios untuk tau perbandingan harga. Namun, karena berpikir akan lebih repot dan ingin segera hup.. Selesai, bisa juga deal langsung. Ada yang bisa langsung dibeli saat itu juga, ada yang proses pembuatan. Contohnya seperti gelas yang membutuhkan proses pembuatan hingga paling cepat 1 bulan-2 bulan. Packagingnya biasanya hanya 2, yaitu tile atau mika. Harga tile lebih murah dibanding mika. Biasanya kalau mika harus nambah 500-1000, sedangkan tile gratis. Selain 2 itu, juga terdapat paper bag yamg harganya lebih murah dari tile. Berputar-berputar hingga menemukan yang cocok. Yang jelas di sini harus siapkan fisik untuk berputar yang hampir menghabiskan 2 jam-an..

Souvenir di Pasar Jatinegara Lantai Dasar

Setelah beberapa lama mengelilingi, akhirnya keputusan souvenir yang dipilih pun sudah ada. Langsung deal saat itu untuk menghemat waktu. Tinggal menunggu, yang insya Allah jadi 5 Maret nanti.. Mohon doanya supaya lancar proses pembuatan souvenir dan pengambilannya.. Dan juga proses pernikahannya.. Hehe..

About these ads

3 thoughts on “Hunting Souvenir di Pasar Jatinegara

    • jadinya tetap beli di pasar jatinegara, kalau soal kontaknya ada, tapi ga di bawa (ada di Indonesia kontaknya, sekarang sedang lanjut sejkolah di luar) :( maaf… coba datang aja ke pasar jatinegaranya

    • waktu itu akhirnya kita memutuskan beli gelas mungil dengan ada logo AA tercetak di gelasnya. Harga gelasnya sekitar kurang lebih 2000. Belinya di Jatinegara. Waktu awal datang, langsung keliling dan ngelist souvenir-souvenir yang kita suka dan bandingin harganya. Selain itu, minta kontak kartu namanya dari setiap toko yang didatangin. Dan, dapat gelas itu yang paling ok, karena yang lain pada di atas 3000 untuk gelas mungil.

      Selain itu karena tema kita gold. Ditambahkan coklat di dalam gelas mungilnya, coklat treasure gold yang delfi sama coklat koin emas..

      Kontaknya ada, tapi ada di Indonesia.. coba keliling-keliling aja..

      mohon maaf baru balas lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s